Selasa, 18 September 2012

Konsep Dasar dan Sejarah Manajemen

MODUL 1

Konsep Dasar dan Sejarah Manajemen

Kegiatan Belajar 1 : Konsep Dasar Manajemen

A. Pengertian Manajemen

Secara sederhana manajemen berorientasi kepada dua hal yang sederhana, yaitu mengawasi orang bekerja dan mengurus uang sehingga manajemen dapat didefiniskan sebagai mengawasi/mengatur orang bekerjadan mengurus/mengatur administrasi keuangan dengan baik.

B. Manajemen dan Manajer

Kunci sukses pengembangan dan prestasi manajemen adalalah para manejer yang harus mampu menguasai keilmuan, kepekaan, dan pengalaman menganlisis lingkungan persaingan serta menjalankan fungsi-fungsi manajemen.

C. Manajemen global

Manajer yang diharapkan dalam era global adalah manajer yang mempunyai karakteristik fleksibel, yaitu memiliki kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan dan mampu memanfaatkan sumber daya yang efisien. Disamping itu juga mereka harus memiliki wawasan global serta menguasai proses decision making, interpersonal relation dan goal setting.

Kegiatan Belajar 2 : Sejarah Manajemen

A. Sejarah Manajemen Kuno

Jika ditelusuri lebih jauh lagi , maka sesungguhnya sejarah manajemen tidak jauh berbeda dengan perkembangan sejarah manusia itu sendiri. Artinya, manajemen telah ada sejak manusia diturunkan oleh Tuhan ke muka bumi ini yang selanjutnya berkembang sejalan dengan perkembangan dan tuntutan yang dihadapi manusia untuk mempertahankan hidupnya. Contohnya para ahli menemukan tulisan kuno yang ditinggalkan bangsa Mesir di tahun 1300SM yang berisi pengakuan betapa pentingnya organisasi dan administrasi dalam negara-negara birokratis di zaman kuno. Leluhur bangsa Cina pun meninggalkan berbagai catatan sejarah yang memuat berbagai saran praktis untuk administrasi Negara yang baik dan nasihat untuk memilih pejabat yang jujur, adil, tidak memikirkan diri sendiri, dan mampu bekerja. Bangsa Yunanau yang pernah mengalami masa keemasannya, juga telah memiliki dan menjalankan prinsip-prinsip manajemen.

B. Sejarah Perkembangan Konsep Manajemen

Bila kita banding-bandingkan sesungguhnya terdapat persamaan-persamaan antara praktik manajemen zaman dahulu dengan praktik manajemen zaman modern. Disamping persamaan-persamaan tersebut kita juga dapat menemukan perbedaaan dalam pelaksanaannya, yaitu bahwa para pemimpin proyek masa lalu menggunakan paksaan, menerapkan perintah layaknya antara budak dengan majikan, menggunakan kebijakan dan peraturan yang membuat takut penduduk, dan memanfaatkan manufaktur penguasa sebagai perintah yang tidak boleh ditolak.

Sejarah Perkembangan Teori Manajemen

Periode Waktu

Aliran manajemen

Kontibutor

1870-1930

Manajemen ilmiah

Frederick W.Taylor

Frank dan LiliannGilbreth

Henry Gantt

Harington Emerson

1900-1940

Teori organisasi klasik

Henri Fayol

Jame D. Mooney

Mary Parker Follet

Herbert Simon

Chester I. Banard

1930-1940

Hubungan manusiawi

Hawthome Studies

Elton Mayo

Fritz Roethlisberger

Hugo Munsterberg

1940-sekarang

Manajemen modern

Abrahan Maslow Chris Argyris, Douglas McCleland, Robert Blake and Jane Mouton, Ernest Dale, Peter Drucker, dan sebagainya, serta ahli-ahli operation research (management science)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar